Manfaat Sayur Kubis

Deskripsi tanaman

Kubis, kal, kobis, atau kobis bulat adalah nama yang diberikan untuk tanaman sayuran daun yang populer ini. tanaman dengan nama ilmiah Brassia oleracea L., dan kelompok capitata tersebut dimanfaatkan daunnya untuk dimakan. Daun itu tersusun sangat rapat membentuk bulatan atau bulatan pipih yang disebut krop, kop atau kepala (capitata berarta berkepala)

manfaat kubis

Kubis berasal dari eropa selatan dan eropa barat. Walaupun tidak ada bukti atau peninggalan arkeologi yang kuat, namun kubis ini dianggap sebagai hasil pemuliaan terhadap kubis liar B aleracea var. sylvestris

Ciri khas pada kubis adalah membentuk krop. Pertumbuhan awal ditandai dengan pembentukan daun secara normal. Namun, seiring berjalannya waktu, bentuk daun daunnya mulai melengkung ke atas hingga akhirnya tumbuh sangat rapat. Pada kondisi ini, petani biasanya menutup krop dengan daun daun di bawahnya supaya warna krop semakin pucat. Apabila ukuran krop telah mencukupi maka kubis siap dipanen

Kandungan Kubis

Berbagai kandungan kubis adalah sebagai berikut:

-Vitamin A
-Vitamin C
-Vitamin E
-Protein
-Lemak
-Karbohidrat
-Serat
-Kalsium
-Fosfor
-Besi
-Natrium
-Kalium
-Tiamin
-Riblovavin
-Nicotinamide
-Kalsium
-Betakaroten
-Senyawa sianobidroksibutena (CHB)
-Sulforafan
-Iberin

Manfaat dan cara penggunaan Kubis

Kandungan vitamin C dalam kubis cukup tinggi untuk mencegah skorbut (sariawan akut). Sedangkan mineral yang banyak dikandung dalam buah kubis adalah kalium, kalsium, fosfor, natrium, dan besi. Kubis segar juga mengandung sejumlah senyawa yang merangsang pembentukan glutation, yaitu zat yang diperlukan untuk menonaktifkan zat beracun dalam tubuh manusia.

Kubis bisa dimakan segar sebagai lalapan maupun diolah. Terkait itu, kaum wanita sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sayur-sayuran yang mengandung vitamin E karena berhubungan dengan aktivitas hormon estrogen dan progesteron. Sebab, hormon hormon inilah yang berperan dalam sistem reproduksi wanita dan gairah seksualnya. Dengan mengonsumsi kubis, anda tidak perlu khawatir akan kekurangan vitamin E tersebut.
.






  • Kisah Seorang Tukang Kayu

    kata kata bijak

    Aku bergantung pada persangkaan hamba-Ku. Dan, Aku bersamanya jika ia mengingat Aku. Jika ia mengingat-Ku, Akupun mengingatnya dalam hati-Ku. Jika ia mengingat Aku dalam suatu Majelis, akupun mengingatnya dalam sautu majelis yang lebih baik dari mereka. Dan jika ia mendekati-Ku sejengkal, akan mendekatinya sehasta, Aku akan mendekatinya sedepa. Dan jika ia mendekatiku dengan berjalan, aku akan mendekatinya dengan berlari.”
    (HR Bukhari, Muslim dan Ahmad)



    Seorang raja akan menjatuhkan hukuman mati terhadap seorang tukang kayu dengan alasan kesalahan yang tidak jelas berita tentang keputusan itu bocor kepada si tukang kaya sebelum pengunguman resmi keluar. Akibatnya, malam itu si tukang kayu tidak bisa memejamkan mata untuk tidur. Istri menasehati, “ Tidurlah di malam ini seperti malam malam sebelumnya. Tuhan hanya satu, sementara pintu keluar dari masalah sangat banyak.” Kalimat yang menentramkan itu tepat masuk kedalam hatinya hingga ia bisa menenangkan diri dan akhirnya bisa tidur pulas.

    Ia baru terbangun dipagi hari ketika pintu rumahnya diketuk oleh beberapa orang prajurit. Wajahnya langsung pucat. Ia melihat kepada istrinya dengan pandangan putus asa, menyesal dan sedih karena telah mempercayai kata kata istrinya semalam. ILU membuka pintu dengan kedua tangan menggigil. Ia ulurkan tangannya ke arah pegawai supaya di ikat. Para pegawai yang datang tersebut berkata kepadanya penuh keheranan, “Raja sudah wafat”, kami memintamu untuk membuatkan sebuah peti mati untuk baginda.” Seketika itu juga wajah si tukang kayu berubah ceria. Kemudian, ia melemparkan pandangan tanda mohon maaf ke arah istrinya. Istrinya tersenyum.

    Begitulah kadang kala seorang hamba berpikir sampai letih tentang masalahnya __ tanpa ingat Allah, padahal Allah yang memiliki semua rencana dan aturan. Siapa yang merasa hebat karena jabatan, hendaklah ia mengingat Fir’aun. Siapa yang merasa hebat karena harta, hendaklah ia mengingat Qarun. Siapa yang merasa hebat karena keturunan, hendaklah ia mengingat Abu Lahab.
    Kehebatan, kekuasaan dan kemuliaan hanya milik Allah. Dia berikan kepada siapa yang Dia kehendaki, dan Dia cabut dari siapa yang Dia kehendaki. Jangan hukum masa depanmu dengan kondisi hari ini ___ bila hari ini belum sesuai harapan-mu. Allah Mahakuasa mengubahnya sekejab. Tugas kita hanya berusaha, terus berdo’a dan yakin pertolongan Allah akan datang. Yakin .... usaha...

    Hikmah

    1.Balasan kebahagian bagi orang orang yang senantiasa menjadikan Allah SWT dan tempat bergantung dan bersandar dari berbagai persoalan hidupnya.
    2.Kehebatan dan kekuasaan dalam kehidupan ini hanya milik Allah
    3.Manusia berkewajiban berusaha, berdoa dan yakin atas pertolongan Allah SWT.





  • Bahaya obat nyamuk

    umum

    bahaya obat nyamuk

    Saya harus katakan bahwa saat ini hampir tidak ada satu pun obat/anti nyamuk di Indonesia yang benar benar ampuh dan AMAN. Prinsip dasar yang harus dipahami semua orang ketika menggunakan obat nyamuk adalah bahwa zat yang dipakai itu RACUN, dan tidak ada racun yang benar benar aman.

    Saya sedih melihat iklan – iklan di TV dan media lain yang menyesatkan. Tahu iklan salah satu obat nyamuk warna hijau yang tidak bikin batuk atau wanginya segar? Itu iklan keterlalaun dan sangat menyesatkan karena seolah olah dengan menggunakan obat nyamuk tersebut boleh kita tetap berada diruangan saat penyemprotan terjadi.

    Obat nyamuk warna hijau ini mengandung 2 racun utama yaitu, propoxur dan transfluhtrin. Propoxur adalah senyawa karbamat_ senyawa diantaranya, MIC, pernah menewaskan ribuan orang menyebabkan kerusakan saraf ratusan ribu orang lainnya dalam kasus Bhopal di India _ Yang telah dilarang penggunaannya diluar negeri karena didduga kuat sebagai zat karsinogenik. Sedangkan transfluhtrin relatif aman saat ini.

    Obat nyamuk yang berwarna biru yang promosinya sebagai obat nyamuk ampuh dan murah memang benar, bahkan sedikit lebih ampuh dari obat nyamuk yang berwarna hijau, tetapi sangat berbahaya karena bukan hanya menggunakan propoxur, tetapi juga DDVP atau dichlorvos – zat turunan klorin yang sejak puluhan tahun dilarang penggunaannya di dunia. Murah dan lebih berbahaya lagi.

    Sedangkan obat nyamuk lain seperti obat nyamuk tutup hijau, warna merah, warna kuning – merah dan merah – hitam/ merah hijau memang nonpropoxur dan non- DDVP, tetapi keampuhannya sangat diragukan. Mereka hanya efektif melawan nyamuk Aedes, tetapi berantakan saat melawan nyamuk Culex _ ini nyamuk malam yang sering mengganggu kita.
    Wangi pada obat nyamuk aerosol maupun semprot semestinya justru menjadi indikasi bahwa tidak boleh berada dirungan tersebut selama bau masih tercium, kurang lebih selama satu jam.

    Obat nyamuk bakar jelas menghasilkan asap dan racu, jenis elektrik pun tetap menghasilkan racun _ obat nyamuk biru bahkan menggunakan propoxur untuk obat nyamuk elektrik. Pennggunaan obat nyamuk dengan cara dibakar atau dengan listrik harus dalam ruangan dengna sirkulasi udara yang baik, tidak boleh dalam ruangan tertutup karena racun dan asap yang dihasilkan akan mengurangi proposrsi kandungan oksigen dalam ruangan.

    Kalau reppelent atau penolak nyamuk yang berbentuk lotion bagaimana? Obat nyamuk ini jelas mengandung racun berrnama Diethyltoluamide atau DEET. DEET ini sangat korosif, obat nyamuk jenis ini tidak dapat disimpan dalam wadah plastik PVC atau besi karena dalam hitungan meinggu akan mengikis lapisannya. Bayangkan bila itu mengenai kulit kita?

    Jadi, sekali lagi, telah terjadi pembohongan publik melalui iklan anti- nyamuk yang lembut bagi kulit. Mana mungkin zat yang jelas jelas merusak kulit dapat merawat kulit. Bahkan, setelah ditambahi embel-embel menggunakan aloe vera atau zat pelembab lain, tetap saja berbahaya. Jangan gunakan pada kulit sensitif atau anak yang dibawah usia dua tahun

    Jadi, bagaimana?Back to nature, kalau malam pakai kelambu. Kalau siang pakai tangan atau raket listrik. Obat nyamuk hanya digunakan bila gangguan memang sudah tidak terkendali lagi, atau melebihi batas teloransi dan GUNAKA DENGAN CARA YANG AMAN.

    Jangan pernah berpikir racun itu aman


    Kesimpulan

    1.Secara umum, obat nyamuk mempunyai manfaat yang sama untuk membunuh dan mengusir nyamuk. Efek obat nyamuk ditentukan oleh bahan aktif atau bahan racunnya. Obat nyamuk mengandung bahan aktif organofosfat pembunuh serangga, ditambah bahan pewangi, dan lain lain.

    2.Semua efek obat nyamuk memiliki bahaya dan dampak bagi kesehatan. Kalau dilihat dari bentuknya, obat nyamuk bakar efeknya lebih berat karrena mengeluarkan asap sehingga beresiko langsung terhirup masuk ke saluran nafas. Obat nyamuk cair beresiko lebih kecil karena disemprotkan dan diubah menjadi gas sehingga dosisnya menjadi lebih kecil. Obat nyamuk elektrik dengan kadar lebih kecil karena dikelurakan dengan daya elektrik.

    https://slides.com/cekkembali123




  • Kata – kata Bijak yang menginspirasi dan Penyejuk Hati

    kata kata bijak

    Sederhana


    1.Sederhana itu memperindah semua, yang berkuasa jadi mulia, yang jelata jadi bermartaba, yang kaya kan dicinta, yang miskin terhormat

    2.Sederhana itu _bukan kemegahan gemerlap_ yang lebih mudah mengudang do’a- do’a yang tulus lagi rahasia, juga cinta

    3.Sederhana memang membuat kita rendah dimata para pihak yang mengukur kemulian dengan dunia fana. Ia kehinaan semu, tak ada gunanya

    4.Sederhana dalam makan, meringankan badan. Sederhana dalam pakaian, meringankan perjalanan. Sederhana dalam papan meringankan perjuangan

    5.Sederhana dalam pikir, memudahkan tindakan. Sederhana dalam tutur, memudahkan hubungan, sederhana dalam tampil, memudahkan kepemim-pinan

    6.Sederhana dalam takut, menjauhkan maksiat. Sederhana dalam harap, menguatkan taat. Sederhana dalam cinta, melezatkan ibadah.

    7.Sederhana dalam tabligh memudahkan dalam memahami, sederhana dalam tazkiyah menjernikan ma’rifat; sederhana dalam ta’lim mengokohkan agama

    8.Sederhana dalam dakwah, menyentuh bagi ruh. Sederhana dalam hijrah, meluaskan berkah. Sederhana dalam jihad, melonggarkan pengorbanan

    9.Sederhana dalam keluarga, mengeratkan ikatan. Sederhana dalam berteman, mengikis dengki, sederhana dalam bermasyarakat menegaskan hormat.


    Hikmah


    1.Hidup itu sederhana tapi kita cendrung membuatnya rumit, kesederhanaan hidup lebih mendekatkan kita pada kebahagian, hanya saja kitalah yang membuat hidup ini menjadi rumit.

    2.Kesederhanaan memberikan ruang untuk kita berpikir lebih dalam atas makna hidup ini.


    Aku Perempuan Kedua





    Saat kita berdo’a kepada Allah, memohon Allah untuk mendatangkan seorang suami yang saleh. Allah tidak menurunkan suami kita dari langit begitu saja.
    Namun, sebelum kita memohon kehadirannya, ada seorang perempuan yang terlebih dahulu memohon kehadirannya dalam perutnya.
    Perempuan itu mengundangnya dengan susah payah, dengan penuh harapan terhadap jabang bayi yang ada didalam perutnya itu.
    Sebelumnya, ada seorang perempuan yang siap menukar nyawanya dengan nyawa suami kita ditempat persalinan
    Ia mneyusuinya, memberikan siang dan malamnya untuk mengurus suami kita.
    Mengasuhnya dengan mengorbankan sari pati untuk kehidupan suami kita
    Dia menghabiskan masa mudanya untuk membersarkan suami kita.
    Dan kini, perempuan itu telah menjadi seorang perempuan tua.
    Anak laki laki itu telah tumbuh menjadi seorang pemuda yang gagah, yaitu suami kita.
    Perempuan tua itu,
    Tidak ada yang ia harapkan dari anaknya selain cinta.
    Maka, janganlah kita berebut cinta itu darinya!
    Biarkanlah ia menempati satu tempat yang istimewa dihati suami kita
    Kita bisa menempati satu tempat istimewa lain dihati suami kita.
    Mengalahlah dan biarkanlah suami kita mengutamakannya.
    Bantulah suami kita untuk berbakti kepadanya!
    Bantulah suami kita untuk menjadi pintu surganya!
    Dengan ini, niscaya kita akan mendapatkan dua cinta sekaligus.
    Cinta perempuan itu dan cinta suami kita
    Dan, semoga pahala yang besar, Allah berikan untuk kita karenanya.
    Kalau kita ikhlas, bukan cinta manusia, bahkan cinta Allah yang akan kita dapatkan
    Kata orang,
    “Kalau engkau ingin merebut hati suami, rebutlah hati ibunya!”
    Bagaimana tidak?
    Bagaimana menurut kita jika seorang lelaki mempunyai istri yang memuliakannya? Bukankah ia akan mencintai Istrinya karena sifat ini?
    Bagaimana tidak?
    Bukankah betapa bahagianya seorang laki laki ketika bisa mengumpulkan cinta dua perempuan sekaligus dalam kehidupannya. Cinta ibunya dan cinta istrinya
    Dan betapa malangnya seorang laki laki jika kedua perempuan yang ia cintai saling membenci. Ibunya tidak akur dengan istrinya.
    Semoga Allah menjadikan istri kita yang salihah

    Hikmah

    Dalam kehidupan berumah tangga, sangatlah bahagianya seroang laki laki ketika bisa mengumpulkan cinta dua perempuan sekaligus dalam kehidupannya. Cinta ibunya dan cinta istrinya.
    Betapa malangnya seorang laki laki jika dua perempuan yang ia cintai saling membenci

    Silahkan di share bila dirasa berguna

    lihat kata kata bijak lainnya





  • Uang Dan Kebijakan Moneter Dalam Ekonomi Islam

    jurnal

    (Bercermin Dari Kerentanan Sistem Moneter Kapitalis)



    Abstraksi

    Krisis keuangan global belakangan di Amerika Serikat, yang dipicu oleh problem suprime mortgage pada dasarnya membuktikan bagaimana kerentanan sistem moneter Kapitalisme yang berporos pada berbagai instrument produk capital market yang bersifat derivatif. Intrumentintrument seperti collateralized debt obligations, hybrid products, credit derivatives, yang kesemuanya berbasis bunga mengandung kerentanan pada satu sisi dan menyuburkan praktekpraktek spekulasi.(Adiwarman, 2008)

    Menurut Sofyan S Harahap(2007), jauh sebelum terjadinya krisis subprime mortgage itu, berbagai gejolak pasar uang dan pasar modal sudah kerap kali terjadi di berbagai belahan dunia, karena gejolak tersebut bersifat built in dalam system Kapitalisme. Keberadaan hot money dalam system pasar Kapitalis yaitu banyak bertunpu pada pasar sekunder telah menjadikan rentanitas pasar dapat terjadi setiap saat. Bercermin dari realitas moneter dunia Kapitalis demikian bagaimanakah ekonomi Islam memberikan jawaban atas problematika tersebut. Tulisan singkat ini akan mengurai system dan kebijakan moneter ekonomi Islam dari konsep dasar tentang uang.

    Kata Kunci: Uang, Kebijakan Moneter, Ekonomi Islam


    Pendahuluan

    Uang dan Kebijakan Moneter. Uang pada dasarnya berfungsi pada tiga hal, pertama, alat tukar yaitu sebagai pemisah antara keputusan membeli dan menjual. Kedua, sebagai satuan pengukur nilai terhadap suatu komoditas. Dan ketiga, sebagai alat penyimpan kekayaan. Dalam kondisi perekonomian yang belum kokoh seperti yang dialami oleh negara-negara berkembang seperti Indonesia, walaupun fungsi uang rupiah tetap, tetapi nilainya menjadi anjlok, terutama ketika berhadapan dengan mata uang asing. Hal ini terjadi sejak negeri ini dirundung Krisis Moneter.

    Secara teoritis dalam sistem perekonomian modern, uang menempati posisi dan fungsi yang sangat strategis. Uang bagaikan darah dalam tubuh manusia. Dalam system perekonomian modern uang telah bergeser fungsinya dari alat tukar menjadi komoditas, sehingga menjadikan uang lebih banyak beredar di pasar sekunder dari pada ekonomi produktif yang dapat menggerakkan sektor riil secara langsung.


    Pembahasan


    Fenomena kuatnya kinerja keuangan di pasar valas, margin trading, pasar derivatives dan lain-lain semakin menjadikan uang kehilangan fungsinya semula yaitu sebagai alat tukar. Pada satu sisi, ketika uang diperjualbelikan, dalam waktu yang relative singkat dapat memberikan keuntungan yang banyak terutama pada para pemilik modal dan pelaku valas. Namun kondisi itu menyebabkan semakin banyak memunculkan spekulan yang dapat mengatur pola distribusi uang beredar dan pada gilirannya berpengaruh negative terhadap kinerja ekonomi secara keseluruhan.

    Mengakarnya system bunga dalam konteks itu, semakin memperkokoh posisi pemilik modal. Mereka dimungkinkan selalu berada di atas angin. Melemahnya nilai tukar mata uang rupiah misalnya, dapat diantisipasi dengan menginvestasikan modalnya pada mata uang Dolar. Ketika Dolar semakin menguat, mereka pun dapat mengeruk keuntungan. Sebaliknya mereka yang membutuhkan modal harus dihadapkan dengan fluktuasi nilai mata uang yang sangat berpengaruh terhadap tingginya biaya-biaya produksi sehingga berpengaruh kepada melemahnya daya beli masyarakat.


    Uang dalam system moneter Islam secara tegas tidak boleh menjadi komoditas. Uang sebagaimana fungsinya harus menjadi alat tukar. Fungsi uang sebagai alat tukar secara luas dimaksudkan untuk menghapuskan ketidakadilan dan kezaliman dalam ekonomi tukar menukar atau barter yang banyak mengandung riba.(Habib Nazir,2004: 563) Demikian pula pada perekonomian saat ini, tukar menukar antar mata uang dapat mengarah kepada adanya unsur riba disamping menimbulkan ketidakseimbangan moneter.

    Uang dikembangkan menjadi standar ukuran nilai dan alat tukar. Nabi Muhammad menyetujui uang sebagai alat tukar dan tidak menganjurkan model ekonomi barter karena dapat mengarahkan pada munculnya bentuk-bentuk kezaliman. Karena itulah, penegasan al-Quran dalam surat al-Muthaffifin,83: 1-3 dan al-Isra,17: 35 dapat bermakna bahwa standar nilai ukuran harus dilakukan tanpa adanya pengurangan dan penambahan. Demikian pula, uang dapat merupakan factor produksi yang mempunyai potensi untuk berkembang dan menciptakan nilai lebih dengan cara diinvestasikan ke dalam praktek ekonomi sector riil. Chapra dan Adiwaran Karim, menggunakan QS al-Baqarah,2: 261 tentang pahala infak dalam pandangan Allah, sebagai dalil bahwa uang dapat melahirkan manfaat yang berkembang secara terus menerus ketika diinvestasikan.

    Uang difungsikan hanya sebagai sarana penukar atau penyimpan nilai dan bukan sebagai barang dagangan. Uang tidak dapat dijual-belikan baik secara tunai maupun kredit. Larangan ini dimaksudkan untuk mencegah agar para pelaku ekonomi tidak masuk ke dalam suatu sistem yang mekanismenya tidak diketahui. Karena itu, dalam sistem ekonomi Islam uang bukan modal, melainkan public goods yang mengalir seperti air dan tidak dapat dimonopoli oleh seseorang atau kelompok. Apabila air tergenang maka akan menyebabkan bau membusuk. Sama halnya dengan uang, apabila ditahan, akan menyebabkan macetnya roda perekonomian sehingga mengakibatkan munculnya penyakit-penyakit ekonomi. Dengan demikian uang harus tetap mengalir terus dalam pengertian digunakan dalam investasi pada sektor-sektor riil.

    Karena sebagai milik umum, maka uang harus dapat digunakan masyarakat tanpa ada hambatan dari orang lain. Pada kontek inilah kita dapat memahami kenapa para pemikir seperti alGhazali (w. 1111 M), Ibnu Taymiah (1263-1328 M), Ibnu Khaldun (w. 1406M) dan al-Maqrizi (1364-1442 M), sangat melarang perilaku menumpuk uang atau menimbun komoditas kebutuhan masyarakat. Hal ini disebabkan bahwa perilaku demikian akan menggangu orang lain dalam menggunakannya dan juga menjadikan perekonomian tidak stabil.
    Atas dasar hal itu, maka kebijakan moneter dalam ekonomi Islam harus mendukung terhadap fungsi uang sebagai alat tukar dan menghindarkan dari terjadinya penumpukan uang. Kebijakan moneter pada dasarnya merupakan bagian dari kebijakan ekonomi makro suatu negara. Kebijakan Moneter adalah usaha mengendalikan keadaan ekonomi makro agar dapat berjalan secara baik melalui pengaturan jumlah uang beredar beredar. Pengaturan ini dimaksudkan agar terjadi kestabilan harga dan inflasi serta terjadinya peningkatan output keseimbangan.

    Dalam sistem ekonomi pengaturan jumlah uang beredar diatur dengan cara menambah atau mengurangi jumlah uang yang beredar. Kebijakan moneter dapat digolongkan menjadi dua, yaitu: Pertama, kebijakan Moneter Ekspansif (Monetary Expansive Policy) yaitu suatu kebijakan yang bertujuan menambah jumlah uang yang edar. Kedua, kebijakan Moneter Kontraktif (Monetary Contractive Policy) atau kebijakan uang ketat (tight money policy) yaitu kebijakan yang bertujuan mengurangi jumlah uang yang beredar. Dalam sistem moneter konvensioanl, rumus yang berlaku adalah: MV = PQ

    M = adalah jumlah uang beredar dalam satuan waktu tertentu
    V = Kecepatan perputaran uang rata rata atau berapa kali rata-rata setiap uang berpindah tangan dalam satu tahun
    P Q = Nilai uang pembelanjaan di suatu wilayah negara
    P= Tingkat harga yang berlaku di suatu Negara pada tahun tersebut
    Q= Tingkat output riil dari parang dan jasa



    Konsekuensi rumus ini jika sisi kiri naik maka sisi kanan akan naik juga. Dengan demikian, akan menimbulkan masalah pada negara yang menggunakan uang kertas, yaitu uang yang nilai intrinsiknya lebih kecil dari nilai ekstrinsik. Dalam suatu kondisi ketika volume uang ditambah dengan cara pemerintah mencetak uang kertas dan uang itu hanya beredar di sektor finansial, yaitu menjadi tabungan, pinjaman antar lembaga keuangan, sertifikat bank sentral dan sejenisnya maka Q pada posisi yang tetap. Sebaliknya P atau harga-harga akan terus naik.


    Apabila kita telusuri pada sistem ekonomi pada masa Madinah, kiranya kita mendapatkan fakta bahwa perekonomian riil lebih dahulu maju daripada posisi mata uang. Dengan fakta ini maka perekonomian diarahkan pada mekanisme pasar alamiyah. Negara melakukan pengawasan dalam konteks untuk menjaga agar tidak terjadi penyelewengan ekonomi yang dilakukan oleh para pelaku ekonomi. Inilah tugas utama yang diusung oleh Diwan al-Hisba yang pada masa kemudian berkembang menjadi Dewan as-Syurthah. Dewan ini mempunyai kewenangan yang luas sehigga pelaku ekonomi yang menyimpang dapat langsung diberi sanksi dan tindakan.

    Karena itulah, dalam sistem moneter Islam, posisi dan fungsi bank mempunyai perbedaan yang mendasar. Lembaga perbankan syari’ah mempunyai sifat universal dan multi guna serta tidak semata-mata merupakan bank komersil. Ia merupakan perpaduan antara bank komersial, bank investasi, investasi kepercayaan dan institusi pengelola investasi (invesment-management institutions), yang berorientasi pada investasi modal. Dengan pola ini maka perbankan syariah akan jauh dari perlilaku borrowing short dan lending long. Karena itu ia kokoh terhadap ancaman krisis dibanding perbankan konvensional.

    Berdasar fakta itu pula, maka kedudukan bank sentral dalam konteks ekonomi Islam harus dapat melakukan suatu kebijakan yang dapat melancarkan perekonomian riil secara seimbang. Pada masa kini, tampaknya, perekonomian tidak dapat dilepaskan dari berbagai lembaga keuangan. Sertifikat wadiah, sebagai upaya “islamisasi” Sertifikat Bank Indonesia mempunyai banyak kelemahan ditintau dari aspek syariah pada satu sisi dan aspek konsekuensinya pada perekonomian.



    Kesimpulan

    Dalam perspektif itu, sangat logis mengapa Islam sangat melarang aktivitas spekulasi dalam berbagai transaksi ekonomi. Munculnya perkembangan instrument keuangan syariah dengan skim investmet keuangan etis dan keuangan syariah di berbagai belahan dunia seperti yang dilakukan oleh MNC, Citibank, StandardChartered, HSBC, Suis Boston Bank dan lain-lain merupakan solusi atas permasalahan kerentanan system moneter Kapitalisme
    .
    Karakteristik spekulasi pada hakikatnya, pertama, spekulasi hakikatnya bukan merupakan kegiatan investasi. Kedua, spekulasi menyebabkan peningkatan pendapatan bagi sekelompok masyarakat tanpa memberikan konstribusi apapun baik yang bersifat positif maupun produktif. Ketiga, spekulasi merupakan sumber penyebab krisis keuangan. Keempat, margin merupakan tujuan utama Dan kelima, spekulasi datang dari mental “ingin cepat kaya”.

    Ekonomi Islam tidak mengenal money demand for speculation. Uang pada hakikatnya adalah milik Allah yang diamanahkan kepada pemilik sementara untuk dipergunakan demi kemaslahatan. Dalam pandangan Islam, uang adalah flow concept, karenanya harus selalu ber-putar dalam perekonomian. Semakin cepat uang berputar dalam perekonomian, maka akan semakin tinggi tingkat pendapatan masyarakat, dan akan semakin baik perekonomian. Karena itu model-model investasi dalam investasi syariah bukanlah investasi jangka pendek melainkan investasi jangka panjang, dengan tujuan memaksimalkan sumber daya yang ada termasuk dana untuk keberlangsungan usaha secara mikro dan keberlangsungan kinerja ekonomi secara makro. Wallahu a’lam

    Daftar Pustaka

    Chapra, Umar. Sistem Moneter Islam Jakarta: Gema Insani Press, 2000
    Harahap, Sofyan Syafri, Sistem Moneter dalam Perspektif Islam, Bahan Kuliah Sistem Moneter dan Keuangan Islam Program Pascasarjana UNAIR Surabaya
    Karim, Adiwarman Azwar, Ekonomi Islam: Suatu Kajian Ekonomi Makro, Jakarta: Karim Business Consulting, 2001
    Nadzir Habib dan Muhammad Hasanuddin, Ensiklopedi Ekonomi dan Perbankan Syariah, Bandung: Kaki Langit, 2004.

    https://search.aol.com/aol/search?q=site:www.cekkembali.com





  • Pengaruh Pajak Penghasilan Dan Asset Perusahaan Pada Earnings Management

    jurnal

    PENDAHULUAN

    Tindakan manajemen laba sangat terkait dengan sistem akuntansi yang diterapkan perusahaan. Sistem akuntansi yang diterapkan perusahaan tersebut akan menghasilkan output perhitungan laba (rugi) bersih perusahaan dan dijadikan dasar untuk menghitung penghasilan perusahaan tersebut pada suatu tahun tertentu. Penghasilan suatu perusahaan akan dihitung berdasarkan catatancatatan, buku serta dokumen pendukung lainnya yang dikelola dalam suatu sistem akuntansi yang diterapkan dalam perusahaan.

    Praktik manajemen laba yang dilakukan oleh manajer tidak terlepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi kebebasan seorang manajer dalam menerapkan teknik-teknik untuk dapat menaikkan atau menurunkan laba perusahaannya. Terdapat beberapa hal yang dapat memotivasi manajemen untuk melakukan praktik manajemen laba menurut Scott (2000:359), yaitu motivasi rencana bonus, kontrak utang jangka panjang, motivasi perpajakan, penawaran saham perdana, penawaran obligasi perdana, dan motivasi politik. Penelitian ini didasari atas motivasi perpajakan dan motivasi politik dalam memotivasi pihak manajemen melakukan tindakan manajemen laba

    Scott (2000:359) mengemukakan bahwa berbagai metode akuntansi digunakan pihak manajemen dalam rangka penghematan pajak. Undang-undang pajak penghasilan menentukan jenis-jenis penghasilan sebagai obyek pajak, namun pada umumnya penghasilan yang dinyatakan sebagai obyek pajak tidak secara spesifik mengatur saat pengakuan pendapatan dan biaya terkait. Dalam beberapa hal, wajib pajak mempunyai kebebasan di dalam membuat kebijakankebijakan akuntansi yang berkaitan dengan penentuan saat pengakuan pendapatan dan biaya, meskipun kebijakan akuntansi yang telah ditetapkan harus diterapkan secara taat asas atau konsisten dari tahun ke tahun. Celah ini dapat membuka peluang bagi manajemen untuk melakukan upaya-upaya untuk menunda atau mempercepat pengakuan pendapatan dan biaya, sehingga dapat menekan jumlah pajak yang akan dibayarkan (Setiawati, 2001).

    Wenni (2009) dalam penelitiannya menemukan hasil yang lemah atau tidak signifikan bahwa adanya tindakan manajemen laba pada perusahaan atas pertimbangan beban pajak penghasilan. Philips et al. (2003) melakukan penelitian mengenai pengaruh beban pajak tangguhan terhadap manajemen laba pada perusahaan non finanial yang tercatat di New York Stock Exchange tahun 19942000. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa beban pajak tangguhan secara inkremental bermanfaat dibanding dengan akrual untuk mendeteksi manajemen laba.

    Manajer memiliki berbagai alasan untuk melaporkan laba yang lebih rendah. Salah satu diantaranya adalah mengurangi political cost. Ukuran perusahaan (firm size) digunakan sebagai proksi dari political cost. Dalam penelitian ini, ukuran perusahaan dilihat dari jumlah total aktiva perusahaan tersebut. Semakin besar ukuran perusahaan tentu memiliki total aktiva yang relatif besar, sehingga dapat beroperasi dengan tingkat efisiensi yang lebih tinggi serta semakin besar peluang perusahaan untuk memperoleh laba dari operasinya. Penelitian Herni dan Susanto (2008) serta Handayani dan Rachadi (2009) membuktikan bahwa faktor ukuran perusahaan memiliki pengaruh terhadap manajemen laba.


    Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini ingin menguji kembali penelitian sebelumnya, bagaimanakah pengaruh pajak dan ukuran perusahaan pada manajemen laba, yang berfokus pada dua motivasi manajemen laba menurut kajian Scott tersebut, yaitu motivasi politik dan motivasi perpajakan dengan hipotesis sebagai berikut.

    H1: Pajak Penghasilan berpengaruh negatif terhadap manajemen laba.
    H2: Ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap manajemen laba


    METODE PENELITIAN


    Perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2010-2012 merupakan populasi dalam penelitian ini, dimana dengan metode purposive sampling terpilih 30 perusahaan sektor industri barang konsumsi sebagai sampel penelitian dengan total jumlah sampel selama tiga tahun periode amatan yaitu 90 perusahaan.

    Proksi dari manajemen laba yang merupakan variabel terikat dalam penelitian ini tercermin dalam akrual diskresioner (DA) yang diukur dengan model jones modifikasian (Dechow et al. 1995). Persamaannya sebagai berikut


    1)TA = Laba bersih – Arus kas aktivitas operasi……..……………......(1)
    2)NDA = α1 (1/At-1) + α2 (ΔREVt-ΔRECt)/At-1) + α3 (PPEt/At-1) ............(2)
    3)DA = TA/NDA………………….........................................................(3)

    Keterangan:

    TA = Total Akrual
    NDA = Akrual Non Diskresioner
    At-1 = Total aset pada periode t-1
    ΔREVt = Perubahan pendapatan dalam periode t
    ΔRECt = Perubahan piutang dalam periode t
    PPEt = Property, Plan, and Equipment (aset tetap berwujud kotor) periode t

    Pajak penghasilan sebagai variabel bebas pertama (X1) dalam penelitian ini diproksikan dengan menjumlahkan pajak kini dengan pajak tangguhan

    perusahaan. Data diperoleh dari laporan laba rugi perusahaan.
    Pajak Penghasilan = Log (pajak kini + pajak tangguhan)…………………(4)

    Ukuran perusahaan sebagai variabel bebas kedua (X2) dalam penelitian ini diproksikan dengan total aktiva perusahaan, yang diperoleh dari Neraca perusahaan.

    Ukuran perusahaan = Log (total aktiva)………………………….……….(5)

    Teknik analisis regresi linear berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh pajak penghasilan dan ukuran perusahaan pada manajemen laba. Namun, sebelum melakukan regresi dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu untuk mengetahui bahwa model regresi yang dibuat terbebas dari masalah multikolenieritas, heteroskedastisitas, autokorelasi serta masalah normalitas data.

    Model regresi linier berganda penelitian ini ditunjukkan oleh persamaan berikut.
    DAit = α + b1 TAX + b2 LG SIZE + e………………………….…………..(6)

    Keterangan:
    DA = discretionary accruals
    α = konstanta
    TAX = pajak penghasilan
    LG SIZE = ukuran perusahaan
    e = error

    b1,b2 merupakan koefisien regresi yang menunjukkan angka peningkatan atau penurunan variabel terikat yang didasarkan pada variabel bebas.

    HASIL DAN PEMBAHASAN


    Rangkuman dari hasil pengujian asumsi klasik ditunjukkan pada tabel 1 berikut.




    Pada uji normalitas (0,228 > 0,05) yang artinya data berdistribusi normal. Hasil dari pengujian autokorelasi (1,935), dimana nilai dU = 1,70 dan 4-dU = 2,3. Sehingga nilai DW berada diantara 1,70 dengan 2,3. Uji multikolinearitas menunjukkan hasil kedua variabel memiliki nilai (tol 0,129 > 0,1 dan VIF 7,780 < 10). Uji heteroskedastisitas menunjukkan nilai Sig. abs. residual kedua variabel (0,768 dan 0,909 > 0,05). Keseluruhan hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa telah lolos dari uji asumsi klasik.



    Hasil pengu.jian pada Tabel 2 mengenai pengaruh variabel pajak penghasilan pada manajemen laba menunjukkan bahwa variabel pajak penghasilan berpen.garuh ne.gatif pada praktik manajemen laba. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan pajak penghasilan akan menurunkan praktik manajemen laba, dikarenakan pajak secara umum memiliki aturan akuntansi tersendiri dalam menghitung pendapatan kena pajak dari adanya peraturan undang-undang yang berlaku sehingga seharusnya perpajakan tidak mempunyai peran besar dalam manajemen laba (Setiawati,2001). Temuan ini seja.lan den.gan pene.litian Wenni (2009) ya.ng menun.jukkan bahwa pajak penghasilan memiliki pengaruh negatif pada praktik manajemen laba. Hasil ini menunjukkan memang terdapat tindakan manajemen laba pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI namun pajak bukanlah menjadi pertimbangan perusahaan dalam melakukan manajemen laba. Hal ini bertentangan dengan motivasi penghematan pajak yang menjadi motivasi manajemen laba menurut Scott (2000). Hal ini terjadi dikarenakan perpajakan memiliki aturan tersendiri dalam menghitung pendapatan kena pajak.

    Hasil pengujian pada Tabel 2 mengenai pengaruh variabel uku.ran peru.sahaan pada manajemen laba menun.jukkan ba.hwa variabel uku.ran peru.sahaan berpengaruh positif pada praktik manajemen laba. Berarti firm size (uku.ran peru.sahaan) dapat memotivasi pihak manajemen untuk melakukan manajemen laba. Semakin besar uku.ran peru.sahaan maka akan semakin besar peluang perusahaan memperoleh laba dari aktivitas bisnisnya. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan uku.ran peru.sahaan akan meningkatkan prak.tik mana.jemen la.ba. Temuan ini men.dukung hasil pen.elitian sebelumnya yaitu Kim et al. (2003), Halim dkk, (2005), Herni dan Susanto (2008), Budiasih (2009),

    Roudotunnisa (2009), dan Nassirzadeh et al. (2012) yang menyatakan uku.ran peru.sahaan berpen.garuh pada manaj.emen la.ba. Hasil uji statistik tersebut dengan demikian memberikan temuan yang sejalan dengan political cost hypothesis (size hypothesis) dari Watts dan Zimmerman (1986) yang menunjukkan bahwa sema.kin besar uku.ran peru.sahaan, semakin memperbesar kemungkinan perusa.haan tersebut mem.ilih metode akun.tansi yang menu.runkan laba dengan tujuan mengurangi biaya politis guna menghindari tindakan pemerintah yang dinilai dapat mengurangi pendapatan perusahaan dengan menerapkan lebih banyak regulasi.

    SIMPULAN DAN SARAN

    Berdasarkan hasil pengujian maka dapat dirumuskan kesimpulan sebagai berikut. Pajak penghasilan berpengaruh negatif terhadap praktik manajemen laba, yang berarti jika pajak penghasilan meningkat, maka akan mengakibatkan penurunan pada manajemen laba perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi periode 2010-2012. Uku.ran peru.sahaan berpengaruh positif terhadap praktik manajemen laba, yang berarti jika ukuran perusahaan meningkat, maka akan mengakibatkan peningkatan pada manajemen laba perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi periode 2010-2012.

    Para pelaku pasar modal perlu berhati-hati ketika memutuskan untuk membeli saham-saham perusahaan yang relatif besar dalam industrinya. Apabila pengelolaan laba yang dilakukan bersifat oportunis, maka semakin tidak mencerminkan kinerja perusahaan yang sesungguhnya. Hal ini perlu menjadi perhatian investor dalam melakukan keputusan investasi. Uku.ran peru.sahaan dalam penelitian ini tidak mengkategorikan secara spesifik perusahaan sampel yang masuk dalam kategori perusahaan besar, perusahan menengah, maupun perusahaan kecil, dan hanya menggunakan sampel perusahaan manufaktur yang bergerak pada sektor barang konsumsi. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi pembuat peraturan yang dalam hal ini pemerintah dalam membuat peraturan-peraturan agar praktik manajemen laba tidak disalahgunakan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia khususnya. Penelitian selanjutnya diharapkan menambahkan jumlah variabel yang diteliti, jumlah sampel yang digunakan, serta menambahkan periode pengamatan sehingga diperoleh hasil penelitian yang lebih otentik. Pemilihan sampel selanjutnya diharapkan dilakukan pada sektor manufaktur lainnya, di luar sektor industri barang konsumsi.

    https://www.startpage.com/do/asearch/?q=cekkembali.com&ia=web






  • Sejumlah Perusahaan BUMN Salurkan BANSOS 10,2 Meliar

    umum

    Dipenghujung akhir 2017 ini sejumlah perusahaan berlabel BUMN bersinergi dalam menyalurkan dana bantuan sosial sebagai wujud kepedulian dan untuk meningkatkan kualitas sarana dan fasilitas umum di Sumatera. Jumlah dana yang terkumpul mencapai 10,2 Meliar.

    Dengan adanya bantuan ini menteri BUMN Rini Soemarmo berharap dapat mendorong serta terciptanya keadilan sosial di seluruh Nusantara dan penguatan peran BUMN dalam pembangunan nasional.

    Rencananya dana CSR (Corporate Social Responsibility) ini akan di salurkan di 8 kabupaten/kota yaitu Toba Samosir, Dairi, Simalungun, Asahan, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara dan Karo. adapun sasaran utama dalam penyaluran dana CSR kali ini ialah dihidangkan, Pariwisata Pendidikan, pelestarian alam, Pokasi, dan dibidang kesehatan.

    Adapun pengalokasian dana CSR tersebut dibidang pariwisata tampaknya mendapatkan posisi pendanaan lebih tinggi senilai Rp.4,68 meliar yg terkumpul dari perusahaan PT.BNI (Persero), PT Telekomunikasi Indonesia/Telkom (Persero), PT. Bank Mandiri (Persero), PT Inalum (Persero), PT Dok Kodja Bahari, Perum LKBN Antara, PT INTI, PT. Danareksa, PTPN III, PERTAMINA, PT. Jiwasraya, PT. PLN dan Angkasa Pura II.

    Senilai dana tersebut rencananya di alokasikan pada perbaikan jalan, rumah adat, Pembuatan Gapura baru, sheiter, sarana wisata, serta pengadaan tong sampah.

    Untuk pengalokasian dana dibidang pendidikan terkumpul dana senilai 1,27 meliar yg diperoleh dari dana CSR perusahaan PT. Bank BNI, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Bank Tabungan Negara, Pegadaian (Persero), PT. Surveyor Indonesia, PT. Kawasan Industri Medan, PT. Pos Indonesia, PT. Kimia Farma, PT. Jamkrindo dan PT. Askrindo.

    Pemanfaatan dana ini rencananya berupa taman baca, peralatan sekolah, komputer, kesehatan dan mobile pintar.

    Sementara dalam rangka memperingati hari menanam pohon sebagai Indonesia yang jatuh pada 28 November lalu, sejumlah BUMN turut memberikan bantuan dalam pelestarian alam, dana yang terkumpul dari CSR tersebut senilai 1,36 meliar, dana ini diperuntukkan untuk menanam pohon dan pembelian becak motor/Bentor.

    Dana yang terkumpul tersebut berasal dari sejumlah perusahaan BUMN yaitu, PT. Pelindo I, Pelindo II dan PT Telkom Persero. selain sejumlah BUMN lainnya juga turut terlibat dalam pengumpulan dana CSR ini seperti PT Semen Indonesia, PT. Pupuk Sriwijaya, PT. Pupuk Kaltim, PT. Jasa Raharja, dan PT. KAI

    Agar dana tersebut tepat sasaran dalam pengalokasiannya, Menteri Rini dan sejumlah bank BUMN akan memonitor secara ketat untuk memastikan dana tersebut sesuai dengan peruntukannya dan memberikan manfaat yang optimal.
    Penyerahan CSR tersebut merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi CEO BUMN di Toba, Sumatera Utara pada 20-21 Desember 2017. Dalam Rakor tersebut, seluruh pimpinan tertinggi dari 151 BUMN dan Anak Perusahaan Eks BUMN hadir.

    Nila CSR yang terkumpul ini bisa dikatakan tergolong kecil terlebih diperuntukkan di 8 kabupaten kota, akan tetapi diharapkan kedepanya baik perusahaan yang berlabel BUMN maupun perusahaan swasta dapat berkontribusi untuk pembangunan yang merata dan berkelanjutan.


    sumber: bisnis.com


    credit: https://medium.com/@MuklisNasution

    https://search.aol.com/aol/search?q=https://www.cekkembali.com/




  • Masalah masalah dalam Perkembangan Anak

    anak

    Dalam perkembangan anak, sejak lahir anak akan dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor yang datangnya dari dalam dirinya sendiri adan faktor yang datangnya dari luar dirinya. Faktor yang datangnya dari dalam dirinya sendiri bisa merupakan faktor bawaan maupun keturunan. Faktor yang datangnya dari luar diri manusia yaitu lingkungan alam, lingkungan manusia dan lingkungan budaya. Dalam hal ini masalah dalam perkembangan anak akan diuraikan tentang masala kelainan (fisik, mental, emosional); dan contoh beberapa masalah yang dihadapi anak anak normal.





    a.Fisik

    Masalah kelainan cacat fisik dapat timbul sejak anak itu dilahirkan. Jadi merupakan faktor bawaan. Misalnya: anak yang tuli karena waktu ibu mengandung ia menderita penyakit tertentu. Dapat juga terjadi setelah lahir, disebabkan karena gizi tidak baik. Misalnya anak yang baru mengalami pertumbuhan kekurangan zat-zat yang diperlukan oleh tubuh (protein). Maka anak tersebut akan mengalami gangguan dalam pertumbuhannya (anak jadi pendek bentuk tubuhnya). Adapula yang disebabkan karena kecelakaan. Misalnya anak itu jatuh dari kendaraan (naik sepeda), sehingga menyebabkan sala satu matanya sebelah kiri menjadi buta.

    b.Mental

    Anak anak yang kecerdasannya tidak sama dengan anak lain, dibawah anak anak yang normal. Anak yang mengalami keterbelakangan mental disebabkan beberapa faktor:
    -Faktor bawaan (anak mengalami keterbalakangan mental sejak anak dilahirkan, misalnya: anak dengan gejala Down Syndrome atau Mongolisme.
    -Faktor lingkungan: disebabkan karena penyakit, kecelakaan (hingga menimbulkan geger otak). Contoh: cacat mental karena radang otak atau karena penyakit epilepsi.
    Masalah keterbelakangan mental, dapat digolongkan menjadi 3 yaitu:
    -Keterbelakangan mental ringan : kecakapan yang dicapai anak ini dapat sampai umur 12 tahun.
    -Keterbelakangan mental sedang: kecakapan yang dicapai oleh anak ini hanya sampai pada umur 7 tahun
    -Keterbelakangan mental berat: kecakapan yang dicapai oelh anak hanya umur 2 tahun

    c.Emosional

    Masalah kelainan emosional juga sering terjadi pada anak. Ini biasanya terdapat pada anak yang hidup dalam keluarga dengan sedikit perhatian dari orang tua. Yang dimaksud disini adalah mengenai bimbingan yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya. Selain itu juga akan mempunyai pengaruh yang besar yaitu lingkungan tempat kediaman anak. Sekolah pun akan mempunyai pengaruh terhadap perkembangan emosi anak.

    Contoh 1

    Anak yang mengalami gangguan emosi akan terlihat juga dalam tingkah laku dan sikap. Mungkin juga dalam hal berfikir. Misalnya anak menjadi brutal atau bersikap sangat keras.
    Pada umumnya anak bertindak atas dasar emosinya sendiri. Mengenai pikir atau rasio kurang diperhatikan. jadi antara rasio dengan emosi kurang seimbang.

    Contoh 2

    Tingkah laku anak dalam bentuk kenakalan anak misalnya mencuri. Ini dapat terjadi pada keluarga yang normal ataupun yang hubungan antara anggota keluarga tidak baik (anak yang merasa dirinya ditolak oleh orang tuanya, perselisihan antara orang tua yang terjadi didepan anak anak dan sebagainya).

    Contoh 3

    Tingkah laku dalam bentuk kenakalan anak berbohong/dusta. Berbohong biasanya dilakukan untuk menarik perhatian. Anak ingin mendapatkan perhatian, khususnya dari orang tua. Pada hal orang tua tidak dapat memenuhi keinginan-keinginannya disebabkan terlalu sibuk dengan segala macam pekerjaannya. Dalam hal ini justru anak akan berusaha mencari cara bagaimana ia mendapatkan perhatian dari orang tua; seorang anak dari salah satu keluarga. Ia termasuk anak yang bersahil disekolah. Ia belajar dengan teratur dan berkemampuan baik, sehingga tidak menimbulkan persoalan disekolah maupun dirumah. Orang tua tidak pernah memperoleh laporan kelakuan yang tidak baik mengenai anaknya itu. Demikian juga anak selalu memberi laporan yang baik dari sekolah.

    Pada suatu hari anak itu melaporkan bahwa hasil ulangannya sangat buruk. Ia dimarahi dan bahkan dipukul gurunya. Orang tuanya mempunyai anggapan, bahwa in adalah suatu tindakan yang kurang baik. Ayahnya lalu pergi untuk menemui gurunya, dengan maksud menyampaikan tindakannya yang kurang baik itu. Ternyata apa yang dikatakan oleh anaknya Tidak benar. Bahkan gurunya mengatakan bahwa anaknya disekolah murid teladan, rajin, pandai dan tertib. Anak yang memiliki kecerdasan baik, dan tidak ada gangguan-gangguan lain akan berhasil dalam belajarnya. Tetapi banyak anak mengalami hambatan dalam belajar.

    a).Masalah kesulitan belajar.

    Anak yang normal pun tidak lepas dari kesulitan belajar, misalnya: ani duduk dikelas satu SD. Ia tidak tau cara belajar membaca yang baik (ia tidak mengenal atau mengetahui tentang titik, koma, tanda baca dan lain sebagainya). Penyebab yang mungkin timbul dalam diri anak:

    -Kurang mendapat bimbingan belajar yang baik dari kedua orang tuanya.
    -Kurang mendapat perhatian dari kedua orang tuanya
    -Sarana yang diperlukan kurang atau tidak memenuhi syarat.

    b).Masalah kesulitan bergaul

    Didi sudah berumur lima tahun, ia masuk sekolah Taman Kanak kanak. Untuk permulaan masuk sekolah , ia minta ditemani orang tuanya. Untuk hari hari selanjutnya ternyata did selalu minta ditemani oleh ibunya, jadi tidak mau pisah. Kalau si ibu tidak bersedia menemaninya, maka ia pun tidak masuk sekolah. Penyebab yang mungkin timbul dalam diri si anak:

    1.Dirumah anak terlalu dimanjakan
    2.Krang percaya diri pada diri sendiri, sehingga ia sangat tergantung pada orang lain terutama ibunya
    3.Fisik mengalami gangguna atau cacat.

    c.Masalah kesulitan yang dihadapi oleh anak normal karena ia sangat pandai.

    Ani duduk di kelas IV SD. Karena ia sangat pandai di izinkan oleh gurunya lompat kelas langsung kelas VI. Ternyat ia lulus ujian, ia meneruskan ke SMP ani termasuk anak yang periang. Sekarang ia menjadi pendiam baik dirumah maupun disekolah. Penyebab yang mungkin timbul pada ani:

    -Anak mengalami kesulitan dalam pergaulan, karena umurnya lebih mudah daripada kawan-kawan sekelasnya.
    -Ia tidak berada dalam kelompok anak yang sebaya
    -Keadaan fisik kawan kawannya berbeda (mungkin lebih tinggi)
    -Kemungkinan di ejek oleh kawan kawannya karena keadaan fisiknya ( misalnya lebih pendek)

    d.Masalah kesulitan yang dihadapi oleh anak normal karena terjadi pertentangan antara peraturan orang tua dengan lingkungan.

    Dirumah : anak laki laki 17 tahun di didik agar bergaul dengan kawanya yang sebaya atau sederajat tingkat golongan sosialnya (anak orang kaya harus dengan orang kaya). Padahal disekeliling anak tersebut tinggal, banyak kegiatan kegiatan yang dilakukan oleh para muda mudi dari segala lapisan masyarakat, seperti olahraga, kesenian, kepramukaan, dan sebagainya. Ia ingin sekali memasuki kegiatan yang ada. Tetapi oleh orang tuanya dilarang.
    Penyebab yang mungkin timbul pada diri anak:

    -Anak mengalami tekanan jiwa
    -Mungkin timbul rasa tidak senang terhadap orang tua
    -Anak mencari kepuasan diluar rumah.


    profil




  • 7 Tip Sederhana Untuk Memperbaiki Kebiasaan Buruk Pada Anak Anda

    anak

    kebiasaan buruk anak

    Sebagian besar dari kita benci mengakui bahwa setidaknya kita memiliki salah satu dari kebiasaan buruk yang menyebalkan itu, seperti menggigit kuku, memetikan hidung, retak, dll. Kemungkinannya adalah kebiasaan buruk kita hampir setua kita. Kebiasaan tidak sehat ini umumnya menemukan akar mereka selama masa kanak-kanak dan berhasil tumbuh dan bertahan sepanjang hidup kita.

    Anak-anak tidak bersalah, naif dan umumnya tidak sadar akan tindakan mereka. Makanya mereka paling rentan terhadap kebiasaan tidak sehat berkembang dengan mudah. Jika praktik ini tidak terkendali pada tahap awal, mereka menjadi kebiasaan buruk seumur hidup yang sulit untuk dikorbankan. Inilah alasan mengapa sebagai orang tua, ketika kita melihat anak-anak kita mengembangkan kebiasaan tidak sehat, kekhawatiran dan kekhawatiran adalah refleks instan kita.

    Kabar baiknya adalah di mana ada kemauan ada jalannya. Kebiasaan buruk mungkin sulit tapi tidak mustahil dipatahkan. Dengan sedikit kesabaran, perhatian, pengamatan dan upaya sadar kita bisa membebaskan anak-anak kita dari perilaku buruk.

    Beberapa petunjuk penting yang membantu dalam melanggar kebiasaan buruk pada anak adalah:

    1. Mengabaikan:

    memberi perhatian pada kebiasaan buruk dan menghukum anak Anda sebenarnya bisa berdampak negatif. Dia akan didorong untuk mengulangi perilaku saat diberi perhatian. Oleh karena itu, sebaiknya hindari memperhatikan kebiasaan menjengkelkan dan biarkan anak Anda mengatasi kebiasaan itu sendiri dengan waktu.

    2. Memuji dan Menghargai:

    Memuji dan memberi penghargaan kepada anak-anak saat mereka terlibat dalam kebiasaan baik dan yang sedang, strategi yang sangat baik. Membiarkan mereka tahu apakah perilaku mereka sudah sesuai dan meningkatkan moral mereka dan memberi mereka alasan untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

    3. Mendidik:

    Anak Anda hanya bisa menghindari perilaku buruk jika dia secara sadar menginginkannya. Penting untuk dididik dan membuatnya mengerti alasan di balik kebiasaan tertentu yang disebut tidak sehat. Dengan kedewasaan balita Anda akan memahami alasan ini dan secara alami akan kehilangan minat terhadap kebiasaan buruk tersebut dan memberikannya.

    4. Saat tertentu, Diam-diam:


    Anak-anak dapat mengembangkan banyak kebiasaan buruk bersama. Seseorang seharusnya tidak mencoba menghilangkan semuanya bersama-sama, tapi lebih mengutamakan kebiasaan yang paling merusak dan menyusahkan terlebih dahulu dan bekerja pada hal yang sama. Jangan terburu-buru. Orangtua jarang kehilangan kesabaran dengan anak itu. Jangan pernah mempermalukan anak Anda di depan umum. Membahas masalah dengan anak Anda harus dilakukan secara pribadi.

    5. Mengidentifikasi “Akar masalah”:

    Anak-anak umumnya mempraktikkan pola perilaku yang tidak diinginkan ini karena mereka stres. Penting untuk berbicara dengan anak-anak, amati dan identifikasikan alasan yang menyebabkan stres. Mendengarkan masalah mereka, bersabar, menunjukkan cinta dan dukungan dan membantu mereka mengatasi tekanan ini sangat penting dalam menyingkirkan kebiasaan menjengkelkan ini. Memahami penyebab juga membantu dalam menemukan alternatif dan pengganti kreatif sehingga membantu menyimpang dari pikiran anak dan membantunya menghilangkan stres.

    6. Menetapkan Aturan:

    Menetapkan peraturan itu penting. Membiarkan mereka mengetahui akibat dari pelanggaran peraturan sementara menerapkan hal yang sama dengan otoritas membantu menjaga kebiasaan buruk anak di cek. Memenuhi dan konsisten dengan anak-anak sambil tetap mendukung sangat penting.

    7. Meningkatkan Moral:

    Mengembangkan rasa percaya pada anak Anda, mendukung dan mencintainya dengan bersikap sabar dan sensitif mendorong stabilitas emosional. Beri anak Anda kesempatan untuk mengambil keputusan di kali, ini membantu mengembangkan rasa percaya diri dan keterampilan membuat keputusan.
    Menanamkan rasa apa yang benar dan apa yang salah, yang baik dan yang buruk pada anak-anak sejak awal membantu mereka mengembangkan nilai, kebiasaan, dan perilaku yang sesuai. Upaya pasien dari Anda, sebagai orang tua, membantu dalam melanggar kebiasaan buruk anak. Menangkap mereka muda adalah mantra ideal untuk perkembangan anak Anda





  • 6 Cara Menyenangkan untuk Mengajar Anak Anda Tentang Uang

    anak




    Tidak dapat disangkal fakta bahwa uang adalah bagian penting dari kehidupan. Ini memberi kita semua kemewahan, memberi kita kendali yang lebih baik mengenai situasi tertentu, dan sampai batas tertentu, mengamankan masa depan kita.

    Mengajar anak-anak Anda tentang pentingnya uang adalah sesuatu yang harus Anda mulai di usia muda. Seringkali, Anda mungkin ingin menunggu sampai anak Anda mencapai masa remaja, untuk membicarakan masalah keuangan. Faktanya adalah bahwa, pada usia itu, anak Anda sudah akan membentuk kebiasaannya sendiri, dan sebagian juga akan menjadi masalah finansial.

    Oleh karena itu sangat penting bahwa Anda mengajari anak-anak Anda dasar-dasar uang pada usia sangat dini.

    Bbagaimana mengajarkan anak-anak tentang uang?

    Mengajarkan -anak tentang uang bisa sedikit rumit. Anda ingin mereka memahami pentingnya uang, tapi juga perlu memastikan bahwa mereka tahu uang bukanlah segalanya.

    Berikut adalah beberapa teknik sederhana sehari-hari yang dapat membantu Anda dalam mengajar anak-anak tentang nilai uang:

    1. Pentingnya Menunggu:

    Anak-anak adalah orang yang tidak sabar. Mereka benci menunggu apa pun, baik itu giliran mereka di ayunan atau membeli mainan favorit mereka. Kunci untuk memahami nilai uang adalah dengan mengetahui bagaimana cara menunggu dengan sabar.

    - Sebagai orang dewasa, Anda harus menunggu banyak hal yang Anda inginkan, paling sering karena kekurangan dana.
    - Untuk memiliki kesabaran untuk mengumpulkan cukup dana untuk, katakanlah, rumah, mobil atau fasilitas semacam itu bisa menjadi tugas berat bagi banyak orang.
    Kesabaran ini bisa diusahakan sejak usia dini.
    - Biarkan anak-anak Anda menunggu satu bulan atau sampai ulang tahun berikutnya untuk mainan yang banyak diantisipasi.

    2. Menggunakan 'Pilihlah dengan bijak:

    Membuat pilihan dan memprioritaskan adalah pelajaran masa kanak-kanak yang sangat penting.

    - Kita semua perlu membuat pilihan, keuangan atau lainnya, sepanjang hidup kita.
    - Pemikiran rasional dan penalaran harus ditanamkan dengan memberi anak-anak Anda pilihan kecil di masa kecil mereka.
    - Jika anak-anak Anda menginginkan dua hadiah untuk ulang tahun mereka, mintalah mereka untuk memilihnya.
    - Anda juga dapat meminta mereka untuk memilih apa yang ingin mereka lakukan dengan uang tabungan mereka

    3. Ajarkan 'Nilai Uang':

    Ada sejumlah permainan yang akan mengajarkan anak Anda bagaimana cara menangani dan mengelola uang.

    - Permainan monopoli yang dipuja banyak, pokok dari generasi ke generasi, memiliki semua elemen pengambilan keputusan moneter.
    - Jangan hanya main game, tapi diskusikan dan perbaiki setiap gerakan sebagai titik tolak argumen.
    - Ini akan membantu membangun nalar dan nalar anak-anak Anda.
    - Permainan ini akan membuat pelajaran finansial menyenangkan dan layak untuk diingat.

    4. Pendidikan: Uang Online

    Berbagai bank dan organisasi keuangan telah dibawa ke internet untuk menyebarkan kesadaran, terutama kalangan investor muda yang masih muda. Situs web mereka menampilkan video dan halaman web interaktif yang membantu anak-anak dari segala usia memperhatikan berbagai masalah keuangan.

    5. Membuat Pembelajaran Interaktif:

    Mengajar anak-anak Anda tentang uang harus dibuat sesukses mungkin dan sesegera mungkin.

    - Pengetahuan teoritis tentang tabungan atau dana harus disimpan untuk usia ketika mereka memahami kepentingan mereka.
    - Bicaralah dengan mereka dengan cara yang sesuai untuk usia mereka.
    - Biarkan mereka menangani anggaran sementara belanja bahan makanan.

    Seiring pertumbuhan anak-anak Anda, Anda bisa menjelaskan keputusan finansial Anda sendiri secara sederhana. Ini akan membantu mereka mengelola uang mereka sendiri dengan lebih efektif.
    Jika Anda membuat hal-hal menyenangkan dan berpusat pada tujuan, anak-anak Anda pasti lebih memperhatikan dan pelajaran akan sesuai dengan mereka seumur hidup.
    Apakah berbagi dengan kami jika Anda memiliki cara menarik lainnya untuk mengajar anak-anak tentang uang.



    Tag :anakuang