Bahaya obat nyamuk

Kategori │umum

bahaya obat nyamuk

Saya harus katakan bahwa saat ini hampir tidak ada satu pun obat/anti nyamuk di Indonesia yang benar benar ampuh dan AMAN. Prinsip dasar yang harus dipahami semua orang ketika menggunakan obat nyamuk adalah bahwa zat yang dipakai itu RACUN, dan tidak ada racun yang benar benar aman.

Saya sedih melihat iklan – iklan di TV dan media lain yang menyesatkan. Tahu iklan salah satu obat nyamuk warna hijau yang tidak bikin batuk atau wanginya segar? Itu iklan keterlalaun dan sangat menyesatkan karena seolah olah dengan menggunakan obat nyamuk tersebut boleh kita tetap berada diruangan saat penyemprotan terjadi.

Obat nyamuk warna hijau ini mengandung 2 racun utama yaitu, propoxur dan transfluhtrin. Propoxur adalah senyawa karbamat_ senyawa diantaranya, MIC, pernah menewaskan ribuan orang menyebabkan kerusakan saraf ratusan ribu orang lainnya dalam kasus Bhopal di India _ Yang telah dilarang penggunaannya diluar negeri karena didduga kuat sebagai zat karsinogenik. Sedangkan transfluhtrin relatif aman saat ini.

Obat nyamuk yang berwarna biru yang promosinya sebagai obat nyamuk ampuh dan murah memang benar, bahkan sedikit lebih ampuh dari obat nyamuk yang berwarna hijau, tetapi sangat berbahaya karena bukan hanya menggunakan propoxur, tetapi juga DDVP atau dichlorvos – zat turunan klorin yang sejak puluhan tahun dilarang penggunaannya di dunia. Murah dan lebih berbahaya lagi.

Sedangkan obat nyamuk lain seperti obat nyamuk tutup hijau, warna merah, warna kuning – merah dan merah – hitam/ merah hijau memang nonpropoxur dan non- DDVP, tetapi keampuhannya sangat diragukan. Mereka hanya efektif melawan nyamuk Aedes, tetapi berantakan saat melawan nyamuk Culex _ ini nyamuk malam yang sering mengganggu kita.
Wangi pada obat nyamuk aerosol maupun semprot semestinya justru menjadi indikasi bahwa tidak boleh berada dirungan tersebut selama bau masih tercium, kurang lebih selama satu jam.

Obat nyamuk bakar jelas menghasilkan asap dan racu, jenis elektrik pun tetap menghasilkan racun _ obat nyamuk biru bahkan menggunakan propoxur untuk obat nyamuk elektrik. Pennggunaan obat nyamuk dengan cara dibakar atau dengan listrik harus dalam ruangan dengna sirkulasi udara yang baik, tidak boleh dalam ruangan tertutup karena racun dan asap yang dihasilkan akan mengurangi proposrsi kandungan oksigen dalam ruangan.

Kalau reppelent atau penolak nyamuk yang berbentuk lotion bagaimana? Obat nyamuk ini jelas mengandung racun berrnama Diethyltoluamide atau DEET. DEET ini sangat korosif, obat nyamuk jenis ini tidak dapat disimpan dalam wadah plastik PVC atau besi karena dalam hitungan meinggu akan mengikis lapisannya. Bayangkan bila itu mengenai kulit kita?

Jadi, sekali lagi, telah terjadi pembohongan publik melalui iklan anti- nyamuk yang lembut bagi kulit. Mana mungkin zat yang jelas jelas merusak kulit dapat merawat kulit. Bahkan, setelah ditambahi embel-embel menggunakan aloe vera atau zat pelembab lain, tetap saja berbahaya. Jangan gunakan pada kulit sensitif atau anak yang dibawah usia dua tahun

Jadi, bagaimana?Back to nature, kalau malam pakai kelambu. Kalau siang pakai tangan atau raket listrik. Obat nyamuk hanya digunakan bila gangguan memang sudah tidak terkendali lagi, atau melebihi batas teloransi dan GUNAKA DENGAN CARA YANG AMAN.

Jangan pernah berpikir racun itu aman


Kesimpulan

1.Secara umum, obat nyamuk mempunyai manfaat yang sama untuk membunuh dan mengusir nyamuk. Efek obat nyamuk ditentukan oleh bahan aktif atau bahan racunnya. Obat nyamuk mengandung bahan aktif organofosfat pembunuh serangga, ditambah bahan pewangi, dan lain lain.

2.Semua efek obat nyamuk memiliki bahaya dan dampak bagi kesehatan. Kalau dilihat dari bentuknya, obat nyamuk bakar efeknya lebih berat karrena mengeluarkan asap sehingga beresiko langsung terhirup masuk ke saluran nafas. Obat nyamuk cair beresiko lebih kecil karena disemprotkan dan diubah menjadi gas sehingga dosisnya menjadi lebih kecil. Obat nyamuk elektrik dengan kadar lebih kecil karena dikelurakan dengan daya elektrik.

https://slides.com/cekkembali123