Sejumlah Perusahaan BUMN Salurkan BANSOS 10,2 Meliar

Kategori │umum

Dipenghujung akhir 2017 ini sejumlah perusahaan berlabel BUMN bersinergi dalam menyalurkan dana bantuan sosial sebagai wujud kepedulian dan untuk meningkatkan kualitas sarana dan fasilitas umum di Sumatera. Jumlah dana yang terkumpul mencapai 10,2 Meliar.

Dengan adanya bantuan ini menteri BUMN Rini Soemarmo berharap dapat mendorong serta terciptanya keadilan sosial di seluruh Nusantara dan penguatan peran BUMN dalam pembangunan nasional.

Rencananya dana CSR (Corporate Social Responsibility) ini akan di salurkan di 8 kabupaten/kota yaitu Toba Samosir, Dairi, Simalungun, Asahan, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara dan Karo. adapun sasaran utama dalam penyaluran dana CSR kali ini ialah dihidangkan, Pariwisata Pendidikan, pelestarian alam, Pokasi, dan dibidang kesehatan.

Adapun pengalokasian dana CSR tersebut dibidang pariwisata tampaknya mendapatkan posisi pendanaan lebih tinggi senilai Rp.4,68 meliar yg terkumpul dari perusahaan PT.BNI (Persero), PT Telekomunikasi Indonesia/Telkom (Persero), PT. Bank Mandiri (Persero), PT Inalum (Persero), PT Dok Kodja Bahari, Perum LKBN Antara, PT INTI, PT. Danareksa, PTPN III, PERTAMINA, PT. Jiwasraya, PT. PLN dan Angkasa Pura II.

Senilai dana tersebut rencananya di alokasikan pada perbaikan jalan, rumah adat, Pembuatan Gapura baru, sheiter, sarana wisata, serta pengadaan tong sampah.

Untuk pengalokasian dana dibidang pendidikan terkumpul dana senilai 1,27 meliar yg diperoleh dari dana CSR perusahaan PT. Bank BNI, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Bank Tabungan Negara, Pegadaian (Persero), PT. Surveyor Indonesia, PT. Kawasan Industri Medan, PT. Pos Indonesia, PT. Kimia Farma, PT. Jamkrindo dan PT. Askrindo.

Pemanfaatan dana ini rencananya berupa taman baca, peralatan sekolah, komputer, kesehatan dan mobile pintar.

Sementara dalam rangka memperingati hari menanam pohon sebagai Indonesia yang jatuh pada 28 November lalu, sejumlah BUMN turut memberikan bantuan dalam pelestarian alam, dana yang terkumpul dari CSR tersebut senilai 1,36 meliar, dana ini diperuntukkan untuk menanam pohon dan pembelian becak motor/Bentor.

Dana yang terkumpul tersebut berasal dari sejumlah perusahaan BUMN yaitu, PT. Pelindo I, Pelindo II dan PT Telkom Persero. selain sejumlah BUMN lainnya juga turut terlibat dalam pengumpulan dana CSR ini seperti PT Semen Indonesia, PT. Pupuk Sriwijaya, PT. Pupuk Kaltim, PT. Jasa Raharja, dan PT. KAI

Agar dana tersebut tepat sasaran dalam pengalokasiannya, Menteri Rini dan sejumlah bank BUMN akan memonitor secara ketat untuk memastikan dana tersebut sesuai dengan peruntukannya dan memberikan manfaat yang optimal.
Penyerahan CSR tersebut merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi CEO BUMN di Toba, Sumatera Utara pada 20-21 Desember 2017. Dalam Rakor tersebut, seluruh pimpinan tertinggi dari 151 BUMN dan Anak Perusahaan Eks BUMN hadir.

Nila CSR yang terkumpul ini bisa dikatakan tergolong kecil terlebih diperuntukkan di 8 kabupaten kota, akan tetapi diharapkan kedepanya baik perusahaan yang berlabel BUMN maupun perusahaan swasta dapat berkontribusi untuk pembangunan yang merata dan berkelanjutan.


sumber: bisnis.com


credit: https://medium.com/@MuklisNasution

https://search.aol.com/aol/search?q=https://www.cekkembali.com/