Penyakit Kelamin Menular HPV

Kategori │umum

HPV adalah singkatan dari human papillomavirus. Ini adalah infeksi menular seksual yang paling umum. HPV biasanya tidak berbahaya dan hilang dengan sendirinya, namun beberapa jenis dapat menyebabkan kanker atau kutil kelamin.

PMS yang paling umum

Ada lebih dari 100 jenis human papillomavirus (HPV). Sekitar 40 jenis dapat menginfeksi area genital Anda - vulva, vagina, leher rahim, rektum, anus, penis, dan skrotum - serta mulut dan tenggorokan. HPV jenis ini menyebar selama kontak seksual. (Jenis HPV lain menyebabkan kutil umum seperti kutil tangan dan kutil plantar di kaki - tapi ini tidak menular secara seksual.)

Infeksi HPV genital sangat umum terjadi. Sebenarnya, hampir setiap orang yang berhubungan seks mendapat virus HPV di beberapa titik dalam kehidupan mereka. Kebanyakan orang dengan HPV tidak memiliki gejala dan merasa benar-benar baik, sehingga mereka biasanya bahkan tidak tahu mereka terinfeksi.

Sebagian besar infeksi HPV genital tidak berbahaya sama sekali dan hilang sendiri. Tetapi beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kutil kelamin atau jenis kanker tertentu.

✓ Dua jenis HPV (tipe 6 dan 11) menyebabkan kebanyakan kasus kutil kelamin. Kutil tidak menyenangkan, tapi HPV dianggap berisiko rendah karena tidak menyebabkan kanker atau masalah kesehatan serius lainnya.
✓ Setidaknya selusin jenis HPV kadang-kadang dapat menyebabkan kanker, meskipun dua secara khusus (tipe 16 dan 18) menyebabkan sebagian besar kasus kanker. Ini disebut HPV berisiko tinggi. Kanker serviks paling sering dikaitkan dengan HPV, namun HPV juga dapat menyebabkan kanker pada vulva, vagina, penis, anus, mulut, dan tenggorokan Anda.

Tidak ada obat untuk HPV. Tapi ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah HPV menimbulkan dampak negatif pada kesehatan Anda. Ada vaksin yang dapat membantu melindungi Anda dari mendapatkan jenis HPV tertentu. Kutil kelamin bisa diangkat oleh perawat atau dokter Anda. HPV berisiko tinggi biasanya dapat diobati dengan mudah sebelum berubah menjadi kanker, karena itulah tes Pap / HPV biasa sangat penting. Sementara kondom dan bendungan gigi tidak menawarkan perlindungan sempurna, mereka dapat membantu menurunkan peluang Anda terkena HPV.

Bagaimana Anda mendapatkan HPV?

HPV mudah menyebar dari kontak kulit-ke-kulit seksual dengan seseorang yang memilikinya. Anda mendapatkannya saat vulva, vagina, leher rahim, penis, atau anus Anda menyentuh alat kelamin orang lain atau mulut dan tenggorokan - biasanya saat berhubungan seks. HPV bisa menyebar meski tidak ada yang cums, dan bahkan jika penis tidak masuk ke dalam vagina / anus / mulut.

HPV adalah PMS yang paling umum, namun sebagian besar waktu itu bukan masalah besar. Biasanya hilang dengan sendirinya, dan kebanyakan orang bahkan tidak tahu bahwa mereka pernah terkena HPV. Ingatlah bahwa kebanyakan orang yang berhubungan seks mendapatkan HPV di beberapa titik dalam hidup mereka. Anda tidak perlu malu atau takut.

Apa saja gejala HPV?

Kebanyakan orang dengan HPV tidak memiliki gejala atau masalah kesehatan. Terkadang HPV bisa menyebabkan genital warts. Beberapa jenis HPV bisa menyebabkan kanker.

HPV berisiko tinggi tidak memiliki gejala
Sayangnya, kebanyakan orang yang memiliki HPV berisiko tinggi tidak akan pernah menunjukkan tanda-tanda infeksi tersebut sampai hal itu menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Itu sebabnya pemeriksaan rutin begitu penting. Dalam banyak kasus, kanker serviks dapat dicegah dengan menemukan perubahan sel abnormal yang, jika tidak diobati, bisa berkembang menjadi kanker.

Tes Pap bisa mendeteksi sel abnormal ini di serviks Anda. Tes Pap tidak secara langsung menguji kanker, atau bahkan HPV, namun dapat menemukan perubahan sel abnormal yang mungkin disebabkan oleh HPV. Area masalah ini dapat dipantau oleh perawat atau dokter Anda dan dirawat sebelum berubah menjadi sesuatu yang lebih serius.

Tidak ada tes HPV berisiko tinggi di vulva, penis, anus, atau tenggorokan, dan HPV sendiri tidak memiliki gejala apapun. Jika itu menjadi kanker, maka mungkin ada beberapa gejala.

✓ Kanker penis - kanker penis - mungkin menunjukkan gejala seperti perubahan warna atau ketebalan kulit penis Anda, atau sakit yang menyakitkan mungkin muncul pada penis Anda.

✓ Kanker dubur dapat menyebabkan pendarahan dubur, nyeri, gatal, atau pembongkaran, atau perubahan kebiasaan buang air besar.

✓ Kanker vulva - kanker vulva - mungkin menunjukkan gejala seperti perubahan warna / ketebalan kulit vulva Anda. Mungkin ada rasa sakit kronis, gatal, atau mungkin ada benjolan.
✓Kanker tenggorokan bisa menyebabkan sakit tenggorokan, sakit telinga yang tidak hilang, batuk terus-menerus, nyeri atau kesulitan menelan atau bernafas, penurunan berat badan, atau benjolan atau massa di leher Anda.

Jika Anda mengalami gejala ini, segera temui dokter.

Jika saya memiliki HPV berisiko tinggi, apakah saya akan terkena kanker?

HPV berisiko tinggi dapat menyebabkan sel normal menjadi abnormal. Sel abnormal ini bisa menyebabkan kanker seiring berjalannya waktu. HPV berisiko tinggi paling sering mempengaruhi sel-sel di serviks, tapi juga bisa menyebabkan kanker di vagina, vulva, anus, penis, mulut, dan tenggorokan.

Kabar baiknya adalah kebanyakan orang pulih dari infeksi HPV tanpa masalah kesehatan sama sekali. Kami tidak tahu mengapa beberapa orang mengembangkan infeksi HPV jangka panjang, perubahan sel prakanker, atau kanker. Tapi kita tahu bahwa memiliki penyakit lain yang menyulitkan Anda untuk melawan infeksi HPV menyebabkan HPV akan menyebabkan kanker serviks. Merokok juga membuat HPV lebih cenderung menyebabkan kanker serviks.

Tidak ada obat untuk HPV, namun biasanya memerlukan waktu beberapa tahun agar kanker berkembang, dan sel abnormal di serviks dapat dideteksi dan diobati sebelum menjadi kanker. Dan sebagian besar infeksi HPV bersifat sementara dan tidak serius, jadi jangan menghabiskan satu ton energi yang mengkhawatirkan apakah Anda memiliki HPV. Pastikan Anda tidak melewatkan pemeriksaan rutin Anda, termasuk tes Pap dan / atau HPV.

Apa perbedaan antara HPV dan genital warts?

Kutil nital adalah pertumbuhan yang tidak berbahaya pada kulit vulva, vagina, leher rahim, penis, skrotum, atau anus. Sebagian besar genital warts disebabkan oleh dua jenis HPV - tipe 6 dan 11. Kutil kelamin terlihat seperti benjolan berdaging lembut yang terkadang menyerupai kembang kol miniatur. Mereka biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan dapat diobati dan dihapus seperti kutil yang mungkin Anda dapatkan di tangan atau kaki Anda.

Karena kutil kelamin bisa terlihat seperti masalah kulit bergelombang lainnya, hanya perawat atau dokter Anda yang bisa mendiagnosis dan merawat kutil kelamin Anda. Untungnya, kutil tidak berbahaya dan tidak menyebabkan kanker - oleh karena itu jenis HPV yang menyebabkan genital warts disebut "berisiko rendah." Namun, hal itu dapat menyebabkan iritasi dan ketidaknyamanan, dan Anda dapat melewati HPV yang menyebabkan mereka untuk orang lain. Jika Anda pikir Anda memiliki kutil kelamin, penting untuk segera memeriksanya.

Haruskah saya diuji HPV?

Ada tes HPV untuk serviks, tapi tidak untuk area genital lainnya. Karena HPV biasa terjadi dan sering hilang dengan sendirinya, tidak perlu melakukan tes untuk itu
.
Apakah saya memiliki HPV?

Karena HPV adalah infeksi umum yang biasanya hilang dengan sendirinya, kebanyakan orang tidak pernah tahu mereka memiliki HPV.

Jika Anda mengetahui bahwa Anda memiliki HPV, ini biasanya karena hasil tes Pap abnormal. Tes Pap, kadang-kadang disebut Pap smear, adalah tes yang sangat penting untuk menemukan sel abnormal pada serviks Anda, umumnya disebabkan oleh HPV. Tes Pap menemukan perubahan sel yang mungkin disebabkan oleh HPV, namun tidak mendeteksi HPV itu sendiri.

Ada juga tes HPV yang dapat menemukan beberapa jenis virus berisiko tinggi secara langsung, namun hanya digunakan dalam situasi tertentu. Perawat atau dokter Anda mungkin merekomendasikan tes HPV
+untuk wanita 25 dan lebih tua daripada tes Pap
+untuk wanita 30-65, bersama dengan tes Pap
+Sebagai tindak lanjut dari tes Pap yang menemukan sel abnormal atau saat hasil tes Pap tidak jelas
Dokter atau perawat Anda akan memberi tahu Anda tes mana yang mungkin Anda butuhkan dan seberapa sering Anda mendapatkannya.

Jika hasil tes HPV Anda kembali positif, jangan panik. Ini tidak berarti Anda terkena kanker. Ini berarti Anda memiliki jenis HPV yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker di masa depan. Mengetahui hal ini memungkinkan Anda menindaklanjuti perawat atau dokter Anda dan memantau kesehatan Anda. Kemungkinan besar mereka ingin melakukan tes lebih sering, setidaknya untuk sementara, untuk memastikan Anda sehat.

Saat ini tidak ada tes untuk mendeteksi HPV berisiko tinggi pada orang dengan penis, jadi yang terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mendapatkan vaksin, menggunakan kondom, dan melakukan pemeriksaan rutin. Paling banyak, infeksi akan hilang tanpa menimbulkan masalah. Namun, penting untuk disadari bahwa walaupun Anda tidak memiliki gejala, Anda masih bisa melewati HPV ke pasangan Anda.

Ingatlah untuk berlatih seks yang lebih aman - ini berarti menggunakan kondom dan / atau bendungan gigi selama vagina, seks anal dan oral - untuk membantu menurunkan peluang Anda terkena HPV.

untuk mendapatkan HPV

Anda bisa mendapatkan tes Pap / HPV di kantor dokter Anda, klinik kesehatan masyarakat, departemen kesehatan, atau pusat kesehatan Planned Parenthood setempat Anda.

Ujian dengan wanita baik termasuk tes Pap atau tes HPV sesuai kebutuhan. Seberapa sering Anda harus diuji tergantung pada usia, riwayat medis, dan hasil tes Pap atau HPV terakhir Anda. Dokter Anda akan memberi tahu Anda kapan Anda harus diuji, dan tes mana yang masuk akal untuk Anda.

Pengujian untuk penyakit seksual menular lain biasanya bukan bagian dari pemeriksaan rutin atau pemeriksaan ginekolog - Anda harus memintanya. Jujurlah dengan perawat atau dokter Anda sehingga mereka dapat membantu Anda mengetahui tes mana yang terbaik untuk Anda. Jangan malu: Dokter Anda ada untuk membantu Anda, jangan menilai Anda.

Bagaimana HPV diobati?

Sebagian besar infeksi HPV hilang sendiri. Jika tidak, jangan khawatir. Meskipun tidak ada obat untuk virus, ada pilihan pengobatan untuk masalah HPV yang dapat menyebabkannya.

Apa pengobatan untuk HPV berisiko tinggi?
Tidak ada pengobatan untuk HPV itu sendiri, namun jika Anda memiliki HPV berisiko tinggi, hal itu bisa menyebabkan perubahan sel abnormal yang mungkin menyebabkan kanker. Jika Anda memiliki hasil tes Pap abnormal, Anda mungkin memerlukan tes dan / atau perawatan lebih lanjut termasuk:
+ olposkopi - prosedur untuk melihat lebih dekat pada serviks untuk melihat apakah ada sel prakanker.
+ Cryotherapy - pengobatan untuk membekukan dan menghilangkan sel prakanker dari serviks.
+ LEEP atau Loop Electrosurgical Excision Procedure - perawatan untuk menghilangkan sel prakanker dari serviks dengan arus listrik.

Apakah HPV dapat disembuhkan?

Tidak ada obat untuk HPV, tapi ada banyak hal yang dapat Anda lakukan agar tetap sehat dan aman, dan bahkan bisa dicegah! Ada vaksin yang bisa mencegah HPV tipe berisiko tinggi dan jenis yang menyebabkan genital warts. Sebagian besar waktu tubuh Anda dapat melawan HPV sebelum menyebabkan masalah serius dan bahkan sebelum Anda sadar terinfeksi. Untuk jenis HPV berisiko tinggi yang pada akhirnya dapat menyebabkan kanker, menemukan perubahan sel abnormal melalui tes Pap reguler dan / atau tes HPV adalah cara terbaik untuk mencegah kanker serviks.

Bagaimana saya memastikan bahwa saya tidak mendapatkan atau menyebarkan HPV?

Cara terbaik untuk menghindari PMS adalah tidak melakukan hubungan seks sama sekali. Jika Anda berhubungan seks, mendapatkan vaksin HPV, menggunakan kondom dan / atau bendungan gigi, dan mendapatkan tes Pap / HPV reguler adalah cara terbaik untuk menghindari masalah yang mungkin timbul dari HPV.

Bagaimana cara menghindari virus HPV

Seperti biasa, cara terbaik untuk memastikan Anda tidak terkena PMS seperti HPV adalah dengan menghindari kontak seksual dengan orang lain - termasuk seks vaginal, oral, dan anal, dan kontak alat kelamin lainnya.

Tapi kebanyakan orang melakukan hubungan seks di beberapa titik dalam hidup mereka. Jika Anda aktif secara seksual, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan peluang Anda terkena atau menyebarkan HPV:

+Dapatkan vaksin HPV.

+Gunakan kondom dan / atau bendungan gigi setiap kali Anda melakukan hubungan seks dengan vagina, anal, atau oral. Meskipun kondom dan bendungan gigi tidak begitu efektif melawan HPV karena mereka melawan PMS lain seperti klamidia dan HIV, seks yang lebih aman dapat menurunkan peluang Anda terkena HPV.

+ Bagaimana saya bisa menghindari saya memberi seseorang HPV?
+ Sebenarnya, kecuali Anda memiliki HPV berisiko tinggi, atau memiliki genital warts, Anda mungkin tidak akan pernah tahu bahwa Anda terkena HPV. Jadi cara terbaik untuk tidak memberikannya kepada seseorang adalah tidak pernah memulainya, dengan mendapatkan vaksin HPV.

Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah HPV:

Haruskah saya mendapatkan vaksin HPV?
HPV adalah salah satu PMS paling umum di luar sana, jadi sangat melegakan mengetahui bahwa vaksin akan melindungi Anda terhadap beberapa jenis HPV yang dapat menyebabkan masalah.

Apa itu vaksin HPV?

Ada 3 merek vaksin HPV - Gardasil, Gardasil 9, dan Cervarix. Semua vaksin ini melindungi HPV tipe 16 dan 18 - 2 jenis yang menyebabkan 70% kasus kanker serviks. Gardasil juga melindungi Anda dari tipe 6 dan 11, yang menyebabkan 90% kasus kutil kelamin. Gardasil 9 melindungi dari 5 jenis HPV lainnya (tipe 31, 33, 45, 52, dan 58) yang juga dapat menyebabkan kanker pada serviks, anus, vulva, atau vagina.

Vaksin HPV diberikan dalam serangkaian tembakan. Untuk orang berusia 15-26 tahun, vaksin HPV adalah 3 tembakan terpisah. Tembakan kedua diberikan 2 bulan setelah pertandingan pertama, dan tembakan ketiga diberikan 4 bulan setelah tembakan kedua. Jadi, dalam semua, dibutuhkan sekitar 6 bulan untuk mendapatkan semua 3 tembakan.

Bagi orang usia 9-14, Anda hanya perlu mendapatkan 2 tembakan. Tembakan kedua diberikan 6 bulan setelah tembakan pertama

Siapa yang harus mendapatkan vaksin HPV?
Semua orang berusia 9 sampai 26 tahun dapat memperoleh vaksin HPV untuk melindungi genital warts dan / atau berbagai jenis HPV yang dapat menyebabkan kanker. Dianjurkan agar anak-anak mendapatkan vaksin pada usia 11 atau 12 tahun, jadi mereka dilindungi sepenuhnya bertahun-tahun sebelum mereka menjadi aktif secara seksual.

Vaksin ini biasanya tidak diberikan kepada orang-orang yang berusia di atas 26 tahun. Tetapi, berapapun usia Anda, bicarakan dengan perawat atau dokter Anda untuk mengetahui apakah vaksin HPV bisa menguntungkan Anda.

Apakah ada efek samping vaksin HPV?

Penelitian menunjukkan bahwa vaksin tersebut aman. Efek samping yang paling umum adalah rasa sakit sementara dan kemerahan di mana Anda mendapatkan suntikan.

Salah satu alasan mengapa vaksin HPV kontroversial adalah karena mencegah infeksi menular seksual, yang menyebabkan beberapa orang percaya bahwa hal itu tidak sesuai untuk anak-anak. Tapi, masalahnya, vaksin ini bekerja paling baik jika Anda mendapatkannya jauh sebelum Anda berhubungan seks. Jadi, ide bagus untuk mendapatkannya saat Anda masih muda sehingga Anda tidak perlu khawatir mendapatkan jenis kanker tertentu di kemudian hari.

Studi menunjukkan bahwa vaksin HPV tidak menyebabkan orang memiliki lebih banyak jenis kelamin atau jenis kelamin di usia yang lebih muda. Jadi memberi anak vaksin HPV tidak mendorong mereka untuk melakukan hubungan seks. Semua itu membantu melindungi mereka dari genital warts dan kanker di masa dewasa.

Jika saya sudah memiliki infeksi HPV, bisakah vaksin mengobatinya?
Nggak. Jika Anda sudah memiliki infeksi HPV, mendapatkan vaksin HPV tidak dapat mengobatinya. Namun, hal itu bisa melindungi Anda dari mendapatkan jenis HPV lainnya.

Jika Anda memiliki infeksi HPV, bicarakan dengan dokter atau perawat Anda untuk mengetahui tes atau perawatan apa yang Anda butuhkan.

Apakah saya masih perlu mendapatkan tes Pap / HPV jika saya mendapatkan vaksin HPV?
Ya. Tes Pap masih merupakan cara penting untuk menemukan dan mencegah kanker serviks. Vaksin HPV tidak melindungi terhadap semua jenis HPV yang dapat menyebabkan kanker. Jadi masih penting untuk mendapatkan tes Pap / HPV untuk menemukan perubahan sel yang mungkin menyebabkan kanker serviks.
Dimana saya bisa mendapatkan vaksin HPV?
Anda bisa mendapatkan vaksin HPV di banyak pusat kesehatan Planned Parenthood. Anda juga bisa mendapatkannya dari klinik lain, departemen kesehatan, dan perawat swasta dan dokter.

Berapa biaya vaksin HPV?

Setiap dosis vaksin bisa menghabiskan biaya hingga sekitar $ 170, jadi ketiga tembakan tersebut mungkin berharga sekitar $ 500. Untungnya, banyak perusahaan asuransi kesehatan menutupi vaksin HPV. Ada juga program yang membantu beberapa orang tanpa asuransi mendapatkan vaksin dengan biaya rendah atau tanpa biaya.

Anda layak untuk menjadi sehat, terlepas dari apakah Anda memiliki asuransi kesehatan. Bicarakan dengan staf di pusat kesehatan Planned Parenthood setempat atau perawat atau dokter lain untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang cara-cara untuk membuat vaksin lebih terjangkau