Bagaimana Caranya Menghadapi Usaha yang Sepi?

Kategori

Dalam menjalankan suatu bisnis, yang di inginkan oleh wrausaha ialah bahwa bisnis atau usaha yang di jalankannya berjalan sesuai dengan apa yang di kehendaki. Namun meskipun demikian, dalam menjalankan bisnis tidak bisa terlepas dari adanya masalah dan hambatan dalam berbisnis. Mencapai sebuah kesuksesan dan keberhasilan dalam berwirausaha bukan lah suatu hal yang mudah untuk di lakukan. Pasti ada saja halangan dan rintangan yang terjadi di dalamnya. Halangan tersebut bisa saja dari ruang lingkup dalam maupun luar.

Namun masalah dalam berbisnis seharusnya tidak di anggap menjadi suatu hal yang menakutkan. Karena seperti pepatah mengatakan bahwa kegagalan merupakan awal dari keberhasilan. Jadi, menjadi seorang wirausaha yang baik adalah wirausaha yang tidak pernah takut untuk mencoba dan gagal. Karena sebenarnya masalah dan kegagalan yang Anda alami hari ini menjadi suatu ilmu dan pengalaman yang baik di kemudian hari dengan melakukan introspeksi dan perbaikan.

Salah satu masalah yang sering kali di hadapi oleh para wirausaha terutama oleh pebisnis- pebisnis pemula ialah sepinya pelanggan. Memang, sepinya pelanggan ini adalah hal yang wajar karena bisa saja suatu bisnis mengalami banyak pelanggan dan sepi pelanggan. Namun meskipun wajar kita juga perlu menjadikannya sebuah kajian yang harus di bahas dan di pecahkan solusinya. Lalu apa saja yang biasanya menyebabkan sepinya pelanggan ini? sepinya pelanggan ini bisa saja terjadi oleh banyak hal. Pertama,cek harga yang kurang bersahabat. Harga biasanya menjadi patokan utama bagi seseorang untuk menggunakan suatu produk atau tidak. Kedua, Kualitas. Kualitas produk ini sangat di perhitungkan oleh konsumen dalam memilih produk. Ketiga, Pelayanan. Pelayanan yang kurang ramah dan nyaman menyebabkan konsumen enggan untuk datang kembali dan membeli produk kita.
Lalu ketika kondisi bisnis atau usaha sudah sepi seperti ini bagaimana solusinya? Sebenarnya banyak sekali solusi yang bisa di gunakan untuk mengatasi sepinya konsumen ini namun kali ini kami akan berikan tiga saja solusi yang bisa mengatasi sepinya konsumen. Berikut tips dan caranya.

Melakukan inovasi baru.

Anda bisa melakukan inovasi di beberapa bagian yaitu bisa pada produk yang Anda jual atau bisa juga pada fasilitas yang Anda sediakan. Misalnya saja jika Anda melakukan inovasi produk dengan memberikan varian pada produk Anda sehingga tidak terkesan monoton. Sedangkan untuk fasilitasnya Anda bisa melakukan inovasi dengan meruba atau menambahkan fasilitas- fasilitas yang Anda berikan kepada konsumen agar konsumen lebih nyaman dan kembali membeli produk yang Anda jual.

Perluas Pasar.

Memperluas pasar atau target pasar juga bisa menjadi solusi dalam mengatasi sepinya konsumen. Dengan memperbesar pasar Anda bisa mendapatkan pelanggan yang lebih banyak sehingga tidak hanya pelanggan lama saja, namun Anda bisa menarik pelanggan- pelanggan baru. Perluasan pasar ini juga bisa Anda lakukan dengan sistem online jadi tidak harus dengan menyewa tempat dan membayar biasa sewa.

Pertahankan kualitas dan harga yang bersaing.

Kualitas merupakan aspek yang penting untuk di perhatikan karena tentu pelanggan sebelum membeli pasti akan melihat kualitas dari barang yang kita jual. Jangan sampai ketika Anda sudah banyak pelanggan kemudian mengurangi atau menurunkan kualitas yang sudah ada. Hal tersebut menyebabkan hilangnya minat pelanggan untuk kembali membeli produk Anda. begitu juga dengan harga, usahakan harga yang Anda gunakan adalah harga yang bsia bersaing dengan produk- produk sejenis. Semoga Bermanfaat.